Langkah Mudah Dalam Menyembuhkan Pilek ~ Info dan Tips Sehat
Adsense Indonesia

6 Februari 2010

Langkah Mudah Dalam Menyembuhkan Pilek

Cegahlah pilek sebisa mungkin, tetapi bila anda terlanjur terserang sakit pilek, perawatan sederhana ini yang dapat dilakukan sendiri di rumah akan banyak membantu proses penyembuhan pilek anda.

1. TINGGAL DI RUMAH. Lebih baik lagi, kalau Anda tetap berada di tempat tidur dan istirahat. Bekerja dengan pilek yang berat akan membuatnya jadi lebih parah dan lebih lama sembuh. Teman sekantor Anda akan lebih menghargainya bila Anda membatasi penyakit itu untuk Anda sendiri. Pilek disebabkan oleh virus dan mudah menyebar sewaktu bercakap-cakap, bersin atau batuk.
2. TIDUR CUKUP BANYAK. Sedapat mungkin tidurlah di tempat tidur sepanjang hari. Berikan kesempatan kepda tubuh Anda untuk memerangi pilek itu dan mendapatkan tenaga baru. Anda mungkin bekerja terlalu banyak, jadi inilah kesempatan Anda untuk menebusnya dengan beristirahat. Kalau Anda tinggal di tempat tidur selama satu hari ketika pilek mulai, kemungkinan besar keesokan harinya Anda sudah sembuh.
3. JANGAN MAKAN BERLEBIHAN. Sementara Anda istirahat di rumah jangan makan terlalu banyak. Makanlah makanan ringan dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan, sari buah atau sup. Hindari gula-gula, seperti coklat, kue, es krim, dsb. Gula dalam darah akan menurunkan daya tahan Anda terhadap infeksi.
4. MINUMLAH BANYAK AIR BERSIH. Minumlah sedikitnya 10 gelas sehari untuk menghanyutkan virus dari tubuh Anda. Kalau bisa, minumlah air atau sari buah setiap jam bila Anda sedang tidak tidur. Dua gelas air sebelum makan pagi akan mempermudah pembuangan hajat.
5. BERKUMUR-KUMUR DENGAN LARUTAN GARAM PANAS. Biasanya, pilek mempunyai tiga tahapan dan Anda mungkin terjangkit salah satunya kapan saja. Yaitu pilek di bagian kepala, dada dan kerongkongan. Kalau Anda mulai diserang sakit kerongkongan, berkumur-kumurlah paling sedikit 3 kali sehari dengan larutan garam panas. Masukkan 1/2 sendok teh garam ke dalam satu gelas air panas. Aduk sampai larut semuanya. Biarkanlah air mengalir ke kerongkongan untuk beberapa detik. Jangan minum minuman dingin.
6. TARUHLAH KOMPRES PANAS PADA KERONGKONGAN. Untuk sakit kerongkongan, taruhlah kompres panas pada kerongkongan setelah berkumur air garam sebelum tidur di malam hari.
7. MERENDAM KAKI DENGAN AIR PANAS. Kalau pilek itu diawali dengan sakit kepala, timbullah kesesakan dalam kepala dan hidung yang mengeluarkan cairan yang penuh kotoran. Hal ini harus segera ditanggulangi, kalau tidak, maka pilek ini akan turun ke dada dan akan menyebabkan demam. Perawatan yang terbaik untuk kesesakan kepala adalah dengan merendam kaki dalam air panas. Pengobatan ini dapat diberikan 2 kali sehari (pagi dan sore). Merendam kaki dalam air panas dapat mengalirkan darah dari kepala, sehingga menghilangkan kesesakannya.
8. MENGHIRUP UAP PANAS. Menghirup uap panas dapat melonggarkan dan membuka saluran hidung yang tersumbat, sehingga menghilangkan kesesakan hidung. Ini dapat diberikan setelah merendam kaki dalam air panas.
9. PENDEMAHAN PADA DADA. Kalau pilek itu menyerang dada dengan batuk dan demam, maka penggunaan panas pada dada dapt membantu. Pendemahan dada dengan penghirupan uap panas dapat melonggarkan dada dan menurunkan demam.
10. MENGHUBUNGI DOKTER. Kalau semua langkah diatas telah diambil tapi pilek itu tetap belum sembuh lebih dari satu minggu, segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back