Sayangilah Tulang Belakang Kita ~ Info dan Tips Sehat
Adsense Indonesia

7 Februari 2010

Sayangilah Tulang Belakang Kita

Hampir semua kasus sakit pinggang terjadi karena penggunaan tulang belakang yang tidak benar. Untuk itu, supaya resiko terjadinya sakit pinggang bisa diminimalisir, kita harus pandai menyayangi tulang belakang kita.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga tulang belakang kita dalam aktivitas kita sehari-hari :
- Duduk. Gunakan kursi yang keras dan letakkan tulang belakang anda secara lurus pada senderan kursi. COba usahakan salah satu atau kedua lutut anda lebih tinggi daripada pinggul anda.
- Tidur. Gunakan kasur yang tidak terlalu empuk (agak keras). Jangan tidur dengan posisi telungkup. Jika posisi tidur anda miring, bengkokkan kaki anda pada bagian lutut dan pinggul.
- Berdiri. Berdirilah dengan bagian bawah belakang anda lurus. Jika aktivitas anda mengharuskan berdiri untuk waktu yang lama, gunakan sandaran kaki, jangan pakai sepatu yang datar.
- Menyetir Mobil. Duduklah pada posisi yang baik dan jarak yang cukup supaya kaki anda dapat mencapai pedal dengan mudah.
- Cara Mengangkat. Rekuk pinggul dan lutut bukan belakang anda. Usahakan barang yang akan diangkat dekat dengan tubuh anda. Jangan mengangkat barang yang berat diatas pinggang anda.
- Olahraga. Olahraga secara teratur, setelah sembuh dari sakit pinggang supaya otot-otot tidak kaku, tetapi lakukan pemanasan dan pelemasan dulu sebelum melakukan latihan yang berat.

Mudah-mudahan sedikit tips diatas dapat membantu anda terhindar dari sakit pinggang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back