Cara Membaca Label Obat ~ Info dan Tips Sehat
Adsense Indonesia

8 Februari 2010

Cara Membaca Label Obat

Obat dapat menyebabkan rasa ngantuk. jangan mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin setelah minum obat ini.
Biasanya peringatan ini digunakan untuk obat-obat yang menyebabkan rasa ngantuk dan memperlambat daya refleks seseorang. Seperti obat-obat untuk batuk dan pilek (antihistamin). Hindarkan pemakaian alkohol dan obat tidur bersama obat-obatan yang dapat menyebabkan rasa ngantuk karena dapat memperburuk efek samping/rasa ngantuk.
Jangan dipecah, ditumbuk atau dikunyah. OBAT INI HARUS DITELAN UTUH.
Biasanya peringatan ini digunakan untuk tablet atau kapsul yang dibuat khusus supaya khasiat obat dikeluarkan secara perlahan-lahan di dalam perut atau usus. Obat-obat ini biasanya diminum satu atau dua kali sehari. Penumbukan akan merusak daya pengeluaran zat khasiat obat secara perlahan-lahan dan khasiat jangka panjang dari obat tersebut.
Jangan makan obat ini bersama dengan susu, antasida atau obat-obatan yang mengandung zat besi.
Kalsium (dalam susu) dan obat-obatan yang mengandung zat besi dapat mempengaruhi daya serap dari beberapa obat-obatan seperti tetrasiklin (antibiotik) dan digoksin (obat jantung). Tetapi susu atau tablet yang mengandung zat besi dapat dimakan 2 jam sebelum atau sesudah makan obat ini.
Dimakan pada waktu perut kosong, 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan. Makan obat ini sampai habis.
Label ini digunakan pada obat antibiotik, karena obat antibiotik dapat diserap dengan baik dalam keadaan perut kosong. Obat-obat antibiotik harus dimakan secara teratur dan dalam dosis yang cukup.
Simpan di tempat yang dingin. Jangan terkena sinar matahari.
Sinar dan panas yang berlebihan akan merusak hampir semua obat-obatan. Oleh karena itu lebih baik disimpan di temapt yang sejuk, jauhkan dari makanan mentah. Pembekuan dapat merusak obat-obatan.
Minum dan telan pelan-pelan. Jangan ditelan langsung dengan air. Peringatan : Obat ini dapat menyebabkan rasa ngantuk.
Peringatan ini digunakan untuk obat batuk cair yang memberikan efek pada tenggorokan dan diserap oleh aliran darah untuk meredakan batuk. Ngantuk adalah efek samping yng biasa terjadi.
Buang obat setelah tanggal yang ditentukan. Buang obat setelah botol dibuka dan telah lewat dari tanggal yang ditentukan.
Obat-obatan yang sering terpapar udara dan cahaya akan lebih cepat rusak. Di atas jangkan waktu tertentu, khasiatnya akan hilang. Ini biasanya terjadi pada obat antibiotik, obat tetes mata dan obat tetes telinga. Oleh karena itu harus disimpan di tempat yang sejuk dan dibuang pada jangka waktu yang ditentukan setelah botol dibuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back